Wednesday, May 1, 2019

4 HAL YANG HARUS ANDA PENUHI SELAMA MELAKSANAKAN IBADAH PUASA


1. AIR ATAU CAIRAN ELEKTROLIT
Tubuh sangat memerlukan cairan agar terhindar dari dehidrasi, akibat berpuasa. Ketika berbuka, hidrasi dulu diri anda sebelum makan makanan yang lain. Boleh tidak air putih diganti dengan teh manis atau sirup atau soda. Saran saya air mineral dulu. Kenapa,  karena teh manis mengandung gula yang ”direfinasi” dan ini tidak baik buat tubuh anda.
https://www.parentcircle.com/article/4-ways-to-encourage-children-to-drink-water/

Berapa banyak air mineral yang boleh diminum? jangan terlalu banyak, minumlah secara bertahap dan perlahan. Karena lambung dan usus punya  kapasitas dan jika diisi terlalu banyak dan tidak terkontrol maka akan mengakibatkan hal yang tidak baik pada pencernaan.
Saat puasa tubuh cenderung lebih cepat kehilangan cairan dan elektrolit. Air dibutuhkan untuk metabolisme tubuh anda. Apakah boleh kita minum air es ketika berbuka ? Saran saya anda minum
air yang biasa terlebih dahulu. Karena tubuh membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengubah suhu air yang dingin menjadi sama dengan suhu pada tubuh. Sehingga tubuh akan memerlukan banyak energy untuk melakukan hal ini. Akibatnya apa jika anda megawali buka puasa dengan air es, maka awalawal akan segar tapi lamalama akan lemas kembali?

 2. KONSUMSI BUAH SEGAR
setelah minum air putih atau air mineral, anda disarankan untuk makan buah segar, apakah  itu dijus atau smoothy atau dipotong atau buah potong. Jangan digoreng atau direbus, harus buah segar.  Buah mengandung cairan dan gula alami bukan gula pasir (gula refinasi). Ketika anda mengkonsumsi gula yang direfinasi maka kadar indeks glikemiknya sangat tinggi. Indeks glikemik adalah suatu istila yang digunakan untuk pengukuran terhadap berapa banyaknya kadar glukosa yang akan diserap ke dalamtubuh. Apa yang terjadi ketika kadar glikemiknya tinggi. Maka otomatis tubuh akan mensekresikan hormone insulin yang disebabkan karena tingginya gula darah dalam pembuluh darah. Dan pancreas akan dipaksa untuk menghasilkan insulin.
aldodokter.com

Salah satu buah yang tidak asing untuk dikonsumsi ketika bulan puasa adalah buah kurma. Buah kurma sangat bagus karena mengandung serat.

3.  KONSUMSI SAYUR-SAYURAN
Sayuran mengandung vitamin, serat dan tentu saja  mengandung cairan. Berapa jenis sayur yang perlu kita konsumsi? Boleh tidak kita hanya mengkonsumi sayur kangkung saja, atau bayam saja? Dan ternyata kita dianjurkan  untuk makan sayur 3 sampai 5 jenis warna. Dan setiap sayuran memiliki fungsi sebagai fitokimia atau fitonutrisi.

4. PENUHI SUMBER KARBOHIDRAT DAN PROTEIN
Terakhir, penuhi asupan karbohidrat dan protein secara bijaksana. Variasi kan sumber karbohidrat. Bahwa disampign beras putih, juga ada beras coklat juga kentang dan jagung yang dapat anda konsumsi sebagai pengganti nasi putih. Karbohidrat banyak terdapat dialam. Kemudian usaha kan makan sumber protein yang tanpa lemak. Protein sangat penting sebagai bahan pembangun sel dan sebagai penjaga massa otot agar tidak menurun saat berpuasa. Protein dapat bersumber dari banyak hal, misal susu, kedelai, kacangkacangan , telur, tahu dan tempe dan masih banyak sumber protein lainnya.
http://www.eatingwell.com/article/289961/top-vegetarian-protein-sources/

Selamat menjalankan ibadah puasa, semoga ibadahnya lancer dan anda dapat bertambah sehat. Karena manfaat salah satu dari berpuasa disamping dari sisi ibadah atau agama, juga banyak manfaat dari segi kesehatan itu sendiri, salah satunya fungsi detoksifikasi pada tubuh yang akan saya jelaskan pada artikel selanjutnya.  Happy fasting J


No comments:

Post a Comment

Siap-siap CPNS Tahun 2024 segera dibuka !

Kebutuhan ASN pada tahun 2024 masih harus dipenuhi secara tepat dan riil. Tahun 2024, khususnya pemerintah memberi alokasi yang cukup besar ...