Wednesday, May 18, 2016

Ada Apa Dengan Rotiboy?

Iya, roti ini adalah salah satu roti favorit saya. Tentu saja saya menyukainya karena beberapa hal yang biasa namun sebenarnya punya makna luar biasa jika kita lihat kembali. Ada apa dengan rotiboy? Kenapa banyak konsumen tidak urung untuk membeli roti ini? Apa yang menggoda dari roti ini?
Aroma sangat identik dengan bisnis makanan seperti restoran atau toko roti. Rotiboy merupakan salah satu toko roti yang memiliki aroma khas. Jika diamati, toko Rotiboy memiliki beberapa keunikan yang membuatnya berbeda dari toko roti yang lain. Saat berjalan mendekati toko Rotiboy, konsumen akan dapat menghirup aroma roti yang nikmat. 
 Aroma tersebut bahkan bisa tercium dari jarak yang cukup jauh dari toko Rotiboy. Dapur tempat pembuatan roti dibuat dekat dengan konsumen agar konsumen dapat langsung mencium aroma roti yang nikmat sesaat setelah roti dikeluarkan dari oven.

Uniknya aroma roti yang dihasilkan setiap toko Rotiboy memiliki kesamaan, hal ini menimbulkan satu ciri yang membedakan Rotiboy dengan toko roti yang lain, aroma ini membuat konsumen lebih mudah mengingat Rotiboy. Menurut Gobe (2001), penggunaan aroma yang direncanakan dengan baik akan mendorong penjualan. 

Warna Kuning yang Menggoda
Warna khas Rotiboy adalah kuning.  warna kuning mampu membuat lapar, warna kuning adalah warna yang mencolok dan menarik perhatian, warna kuning mampu membuat mereka lebih mudah mengingat Rotiboy. Hal ini selaras dengan pendapat Suratna dan Pujiastuti bahwa warna dapat mengaktifkan pikiran, memori dan persepsi tertentu (Suratna & Pujiastuti, 2008). Warna yang dipilih secara tepat mengidentifikasikan logo, produk, tampilan merek, serta merangsang ingatan yang lebih baik terhadap merek (Gobe, 2001).

Menurut Singh (2006), warna kuning digunakan oleh makanan cepat saji untuk mendapatkan perhatian pelanggan, meningkatkan nafsu makan konsumen, dan mendorong mereka untuk makan. Cimbalo dkk, menguji hubungan antara warna dan emosi, dan menunjukkan bahwa warna kuning, oranye, dan biru sebagai warna bahagia (Singh, 2006).

Aroma
Pengalaman pancaindera yang berkaitan dengan indera penciuman dapat diperoleh konsumen melalui aroma yang diciptakan oleh Rotiboy. Konsumen menyukai aroma yang dimiliki oleh Rotiboy, Rotiboy memiliki aroma yang sedap dan sering kali membuat mereka tergoda untuk membeli Rotiboy. Kemampuan aroma Rotiboy membuat konsumen tersebut tergoda untuk kembali membeli Rotiboy dikarenakan adanya proses belajar, dimana konsumen tersebut telah memiliki pengalaman mengkonsumsi dan merasakan rasa Rotiboy, sehingga setiap kali mencium aroma khas Rotiboy mereka akan langsung terbayang dengan rasa Rotiboy yang enak, hal itulah yang membuat mereka tergoda untuk kembali membeli Rotiboy hanya dengan mencium aroma Rotiboy saja.

Proses pengulangan melalui aroma yang diciptakan Rotiboy sesuai dengan konsep Classical Conditioning. Pendekatan classical conditioning berpendapat bahwa organisme termasuk manusia adalah bentuk yang pasif yang dapat dipertunjukkan sejumlah stimuli secara berulang- ulang. Hingga akhirnya stimuli tersebut terkondisikan dan manusia pasti akan menunjukkan respon yang sama untuk stimuli tersebut.

Prinsip rangsangan penciuman dalam mempengaruhi perilaku seseorang adalah sebagai berikut, konsumen memahami hubungan antara produk tertentu dengan bau melalui belajar dan mengalaminya. Hal tersebut dibangun oleh respons biologis dan prinsip pengkondisian klasik melalui proses pengulangan, rangsangan penciuman dapat mempengaruhi sikap seseorang secara langsung. Secara tidak sadar informasi dari organ penciuman dapat mempengaruhi perilaku seseorang melalui hipotalamus yang mengontrol saraf otonom dan sistem endokrin (Oh & Kim, 2009).

Informasi semacam ini akan tersimpan dalam alam bawah sadar dan ketika mereka mencium aroma yang sama di lain waktu, mereka akan terpicu kembali ke restoran tersebut (Ferrinadewi, 2008). Aroma atau bau tertentu dapat mempengaruhi emosi apakah itu rasa suka, rasa sebal, atau bahkan perasaan tenang. Pemasar dapat memanfaatkan stimuli bau ini sebagai diferensiasi produk, mempengaruhi perasaan, dan perilaku konsumen (Setiadi, 2003).


Oleh karena itu, rotiboy selalu menjadi pilihan di setiap kesempatan yang ada. Tidak ada salahnya anda mencoba.


No comments:

Post a Comment

Siap-siap CPNS Tahun 2024 segera dibuka !

Kebutuhan ASN pada tahun 2024 masih harus dipenuhi secara tepat dan riil. Tahun 2024, khususnya pemerintah memberi alokasi yang cukup besar ...