Monday, October 31, 2016

Air Galon, Berbahayakah Untuk Di Konsumsi?

Air Kotor
Air merupakan salah satu komponen yang sangat penting bagi kehidupan di bumi ini. Semua mahluk hidup yang ada di bumi pasti membutuhkan air, karena tanpa adanya air di bumi maka hewan, tumbuhan dan manusia tidak akan mampu bertahan hidup. Semua aspek kehidupan di dunia ini masih berhubungan dengan air. Air menutupi sekitar 70% permukaan bumi, dengan jumlah sekitar 1.368 juta km3.
Saat ini, masalah utama yang dihadapi oleh sumber daya air meliputi permasalahan kuantitas air yang sudah tidak maampu memenuhi kebutuhan yang terus meningkat dan juga permasalahan kualitas air untuk keperluan domestik yang semakin menurun dari tahun ke tahun.  Sutrisno dan Suciastuti menyebutkan didalam bukunya bahwa Kegunaan air bagi tubuh manusia antara lain untuk proses pencernaan, metabolisme, mengangkut zat-zat makanan dalam tubuh, mengatur keseimbangan suhu tubuh, dan menjaga jangan sampai tubuh kekeringan. Apabila tubuh kehilangan banyak air,
maka akan mengakibatkan kematian.
Air bersih (clean water) yaitu air yang dipergunakan untuk keperluan sehari-hari dan memenuhi kualitas persyaratan kesehatan air bersih sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Yang dimaksud air bersih disini adalah air yang layak untuk dikonsumsi seperti memasak dan minum , karena standar air yang digunakan untuk konsumsi pasti lebih tinggi dari pada standar air yang digunakan untuk keperluan yang lain seperti mandi, dan mencuci. Ada beberapa persyaratan yang perlu diketahui mengenai kualitas air yang digunakan untuk pemenuhan kebutuhan domestik air tersebut baik secara fisik, kimia, dan juga mikrobiologi (PERMENKES RI No. 416/MENKES/Per/IX/1990).
Ditinjau dari segi kuantitasnya, kebutuhan air rumah tangga menurut sunjaya adalah:
- Kebutuhan air untuk minum dan mengolah makanan  5 liter/orang perhari.
- Kebutuhan air untuk higien,yaitu untuk mandi dan  membersihkan dirinya 25 – 30 liter/orang perhari.
- Kebutuhan air untuk mencuci pakaian dan peralatan  25 – 30 liter/orang perhari.
- Kebutuhan air untuk menunjang pengoperasian dan  pemeliharaan fasilitas sanitasi atau pembuangan kotoran 4 – 6 liter/orang perhari.
Sehingga apabila dijumlahkan dari uraian diatas maka bisa kita perkirakan bahwa untuk setiap orang membutuhkan konsumsi air sebesar 60 – 70 liter/hari.Sedangkan menurut standar yang ditetapkan WHO adalah sebesar 100 liter/hari.
Pemenuhan kebutuhan air minum masyarakat saat ini sangat bervariasi. Dikota besar, dalam hal pemenuhankebutuhan air minum masyarakat juga mengkonsumsi air minum dalam kemasan (AMDK), karena praktis dan dianggap lebih higienis. Akan tetapi kelamaan masyarakat merasa bahwa AMDK semakin mahal, sehingga muncul alternatif lain yaitu air minum yang diproduksi oleh depot air minum isi ulang (DAMIU). 
Air Bersih 

Namun, sebagai Masyarakat, kita mesti cerdas dalam menangani atau mencari air isi ulang. kita harus mengetahui dampak positif dan negatif. Seperti yang pernah dikatakan oleh beberapa para ahli, bahwa air yang kita minum tidak terlepas dari mikroorganisme. Jadi, Berhati-hati dalam mengisi ulang air, pastikan depot isi ulang sudah memenuhi standarisasi yang aman dan higienis.



No comments:

Post a Comment

Siap-siap CPNS Tahun 2024 segera dibuka !

Kebutuhan ASN pada tahun 2024 masih harus dipenuhi secara tepat dan riil. Tahun 2024, khususnya pemerintah memberi alokasi yang cukup besar ...