Saturday, December 24, 2016

Jangan Jadi Guru Gaptek, Dunia Mau 2020!

Guru harus lebih cerdas dari murid, namun BIJAK
Di  Youtube kita dapat menemukan beberapa atau bahkan banyak sekali konten yang menarik mengenai pendidikan. Namun, sayang sekali, bahwa banyak guru yang belum dapat mengaksesnya untuk bahan pembelajaran di kelas mereka. Oleh sebab itu, saya mencoba memberikan beberapa sumber media pembelajaran audio visual yang terdapat di youtube, dengan harapan, guru dapat dengan mudah mengkasesnya.
1. School tube adalah situs yang didedikasikan untuk berbagi video yang dibuat oleh siswa dan guru. School tube memungkinkan guru dan sekolah untuk membuat saluran sendiri untuk berbagi karya-karya yang dihasilkan siswa mereka. School tube juga menyediakan sumber daya atau sumber belajar yang  sangat baik, kemudian merupakan media yang ramah hak cipta, serta rencana pelajaran untuk menggunakan video dalam kelas.
2. Teacher Tube sudah dapat diakses sejak lama. Meskipun demikian, masih terdapat guru yang belum mendengar tentang hal itu. Sistem kerjanya yaitu, Teacher Tube memberikan
user generated video untuk guru oleh guru. Banyak video tentang Teacher Tube  yang menceritakan bagaimana guru berbagi rencana pelajaran untuk pengajaran dan pembelajaran. Beberapa video tentang Teacher Tube hanya inspirasi. Dan video lainnya tidak menampilkan guru atau siswa di dalamnya, tapi tetap masih mengandung pelajaran pendidikan.
3. Selanjutnya Vista adalah nirlaba, situs  iklan-gratis  berbagi video yang dijalankan oleh Google Bersertifikat Guru Rushton Hurley. Vista memiliki tiga kategori video. Kategori Light Bulbs adalah video yang mengajarkan anda bagaimana melakukan sesuatu dan atau memberikan penjelasan tentang topik. Kategori Views Global video berisi video yang dibuat untuk mempromosikan pemahaman tentang budaya di seluruh dunia. Kategori Seeing service video yang berguna untuk menyoroti pekerjaan orang-orang yang bekerja untuk membuat perbedaan dalam kehidupan orang lain.
4. Academic Earth adalah depot video untuk kuliah secara individu dan juga seluruh program dari beberapa universitas ternama di Amerika Serikat. Pengunjung ke Academic Earth akan menemukan ceramah dan program dari Yale, MIT, Berkeley, Harvard, Princeton, dan Stanford.
5. Snag Films adalah sumber yang baik untuk menonton film dokumenter full dari produsen seperti National Geographic secara gratis. Snag Films menyediakan katalog film pendidikan yang disertai dengan pertanyaan diskusi kelas.
Guru bersama siswa melek informasi
7. How Stuff Works adalah situs video yang sangat menarik sehingga sayapun rela menghabiskan berjam-jam  waktu saya untuk menjelajahi situs ini karena saya tersedot oleh kualitas konten pendidikan yang disajikan.
8. Untamed Science menawarkan koleksi video dan podcast tentang biologi dan topik mengenai ilmu bumi.
9. USGS Multimedia Gallery berisi koleksi video pendidikan, animasi, podcast, dan galeri foto. Anda dapat mencari masing-masing koleksi berdasarkan topik atau tag kata kunci. RSS feed tersedia untuk setiap galeri. Berikut salah satu contoh video yang terdapat pada USGS Multimedia Gallery

GPS to Monitor Volcano

10. . Free Video Lectures adalah perpustakaan lebih dari 18.000 video ceramah dari lebih 700 program studi yang ditawarkan oleh beberapa perguruan tinggi top dunia dan universitas. . Free Video Lectures dapat dicari oleh subjek atau universitas. Sumber video campuran YouTube dan penyedia lainnya. Banyak video yang tersedia dan bisa di download secara gratis.
Dan masih banyak sekali sumber-sumber belajar lainnya yang berseliweran di dunia maya (internet). Jadi, tidak ada alasan lagi untuk menjadi gaptek (gagap teknologi). Terutama, dalam menghadapi tantangan masa depan secara global. Jadilah, guru yang melek informasi, teknologi dan sains.



Menjadi guru tidak mudah, namun jangan dipersulit. Dunia saja memudahkannya, bukan?

No comments:

Post a Comment

Siap-siap CPNS Tahun 2024 segera dibuka !

Kebutuhan ASN pada tahun 2024 masih harus dipenuhi secara tepat dan riil. Tahun 2024, khususnya pemerintah memberi alokasi yang cukup besar ...